HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Nasional

Pages

Cuaca Ekstrim Ribuan Hektar Lahan Persawahan Terlantar

GEN,Beringin-Cuaca Ekstrim saat ini terjadi membuat para petani di Kecamatan Beringin Pantai Labu tak berdaya dan harus pasrah telantarkan ribuan hektar lahan persawahan tidak bisa ditananami palawija  seperti , kacang kedelai,kacang hijau , jagung  serta semangka sehabis panen padi yang setiap tahun. guna menambah pengasilan untuk kebutuhan hidup sehari hari dan biaya pendidikan anak.

Namun begitu , ada juga petani yang nekat menanami lahan persawahannya dengan tanaman kacang kedelai,kacang hijau dan semangka sehingga mengalami kerugian ratusan juta,pasalnya begitu ditanam hujanpun datang air hujan merendami persawahan mereka .

Hal ini berakibat tanaman palawijai mati mengenaskan lantaran air hujan yang mengenangi persawahan mereka tidak dibuang ke saluran pembuangan yang ada .Dan ditambah lagi panasnya cuaca.
Satiman Kades Sidodadi R ditemui dikantornya menbenarkan kalau warganya menelantarkan lahan persawahan,akibat cuaca ekstrim ini.Akan halnya dengan saya yang nekat pada saat suaca ekstrim ini dengan lahan 16 rante menanam tanaman jagung .Tetapi mati terendam air ,namun begitu mau dibilang apa

Hal senada juga disampaikan Pramono Kades Denai Lama Kecamatan Pantai Labu warganya juga menlantarkan lahan persawahan akibat cuaca ekstrim ini pada musim tanam palawija jadi terlambat dan tertunda.

Bahkan gampang terserang hama terpaksa lahan persawahan diterlantarkan untuk memenuhi kebutuhan sehari hari jadi buruh.Parno Ketua Kelampok Tani Sadar Tani Desa Sidodadi R kepada Generasi News mengatakan bahwa air hujan yang meredam persawahan petani dapat dihindari kalau saja  saluran irigasi yang ada saat ini befungsi dengan baik.

Celakanya saluran irigasi tidak berfungsi dan perlu diperbaiki terutama saluran pembuangan penuh dengan sedimen tanah yang menyembabkan air dari persawahan tidak lancar, hendaknya ini menjadi perhatian PU Pengairan di PU Bina Marga Deli Serdang untuk melakukan perbaikkan agar para petani dapat terhindar  dari banjir yang terus menhantui para petani.

Muliyono KUPTD Pertanian Kecamatan Beringin ditemui dikantor tidak berbicara banyak apalagi faktor alam yang dihadapi para petani harus tabah menghadapi, apa lagi dirinya bisanya hanya menghimbau saja ,pihak juga akan berkoordinasi dengan pihak terkait apakah musim tanam padi mendatang dipercepat dan akan mengusulkan perbaikkan saluran irigasi yang rusak dan harap bersabar,tegasnya (Kabulan)

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *