HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Nasional

Pages

Proses Pengecoran Jalan Berjalan Dengan Lancar Dimalam Hari


Medan,Expose,- Di tengah warga menikmati tidur malam dengan nyenyak, petugas Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan tanpa kenal lelah sedikit pun disertai mandi keringat terus  bekerja keras memperbaiki Jalan Padang, Kelurahan Bantan, Kecamatan Medan Tembung yang selama ini rusak dengan pembetonan,  Selasa (31/10) dinihari.
Proses pengecoran berjalan dengan lancar disaksikan  sejumlah warga sekitar yang sangat mengapresiasi  dilakukannya pembetonan tersebut. Sebelum dilakukan pengeceron, petugas Dinas PU lebih dulu membuat mal serta balok besi  sehingga  kualitas jalan yang dibeton lebih kuat dan tahan lama.
Menurut Kadis PU Kota Medan Khairul Syahnan, pembetonan jalan dilakukan karena kualitasnya jauh lebih baik dibandingkan dengan pengaspalan (hotmix).  Terbukti, sudah beberapa kali dilakukan pengaspalan namun  Jalan Padang kembali rusak sehingga sangat mengganggu  kelancaran aktifitas warga.
“Selain itu Jalan Padang selama ini rentan dengan banjir. Itu sebabnya jalan yang telah selesai diaspal  acapkali terendam air. Kondisi tersebut membuat aspal lama kelamaan terkelupas yang memicu terjadinya kerusakan jalan,” kata Syahnan.
Selain itu tambahnya lagi,  banyak sekali truk yang melintasi Jalan Padang  yang tonasenya melebihi ketahanan aspal. Hal ini terjadi karena kawasan Jalan Padang banyak ditemukan pergudangan.  “Untuk itulah perbaikan jalan yang dilakukan kali ini  melalui pembetonan,” ungkapnya.
Selanjutnya Syahnan menambahkan, panjang jalan yang dibeton  sekitar 570 meter dengan lebar 7,5 meter dengan ketebalan coran sekitar 25 cm. Namun di ujung jalan terjadi penyempitan  sepanjang  lebih kurang 60 meter  sehingga lebarnya berkurang menjadi  5 meter.  Dengan pembetonan yang dilakukan ini,  kualitas Jalan Padang  bisa menjadi lebih baik dan tahan lama lagi sehingga aktifitas warga tidak terganggu sedikit pun.
Pembetonan Jalan Padang telah berlangsung selama 14 hari lebih dan rampung dalam beberapa hari ini.  Menurut Syahnan, pihaknya saat ini tinggal melakukan pelandaian di ujung jalan dengan pengaspalan agar bisa dilalui  kembali.  Namun pelandaian belum dilakukan untuk memastikan coran jalan benar-benar kering.
“Kita belum melakukan pelandaian karena khawatir jalan yang baru selesai dicor ini akan dilintasi warga. Mungkin dalam empat hari ini, pelandaian akan kita lakukan. Dengan demikian warga dapat melintasinya kembali dengan tenang dan nyaman,”  paparnya.
Akibat  Jalan Padang belum bisa dilalui, efeknya berimbas dengan terganggunya kelancaran arus lalu lintas di kawasan tersebut. Untuk itulah Syahnan menyampaikan permintaan maaf  sekaligus mengharapkan pengertian dari warga sekitar maupun  masyarakat penggunan jalan atas ketidaknyamanan yang terjadi tersebut.  (Aden)

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *